Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Cabut Gigi


Cara mengatasi rasa takut sebelum cabut gigi saya bagikan karena monyoku sudah berpengalaman mengalamai cabut gigi. Dahulu, waktu masih kecil ahaha... Waktu masih sekolah dasar saya ingat cabut gigi beberapa kali di Puskemas namun saya tidak ingat lagi bagimana rasanya. Hanya saja setelah cabut gigi di beri eskrim yang terkenang.

Cabut gigi 6 kali dalam rentang waktu 2 bulan jadi selama satu minggu rutin kedokter gigi untuk cabut gigi. Rasanya gimana ? Takut ? Iya, campur aduk rasanya. Tetapi sebelum cabut gigi dilakukan, saya melakukan hal-hal yang dapat meringakan rasa takut bahkan hilang rasa takut sebelum cabut gigi. Karena ini saya yang mengalami mungkin saja berbeda setiap individu untuk menghadapi masalah rasa takut tetapi ini yang saya lakukan.

1.Makan Dan Istirahat Cukup
Sesuai dengan anjuran dokter dua hari sebelum cabut gigi, dokter yang akan mencabut gig saya mengingatkan untuk makan sebelum cabut gigi. Sehingga saya makan dan minum banyak setiap 4 sampai 5 jam saya makan dengan porsi yang sedikit tetapi rutin agar tidak kekenyangan ya. Serta jangan begadang dimalam hari kalau tidak ada artinya karena cabut gigi juga membutuhkan energi yang banyak akibat cabut gigi saya merasa butuh istirahat yang banyak. Sedangkan sebelum cabut juga butuh istirahat untuk mengumpulkan enegri.

2.Datang Lebih Awal
Datang lebih awal di klinik atau tempat pencabutan gigi juga membantu saya mengurangi rasa takut karena saya bisa menyesuaikan diri agar lebih rileks ditempat pencabutan. Banyangkan saja jika sudah janjian dengan dokter dan terlambat anda akan memacu lanju kendarang dengan cepat hinga ngos-ngosan. Pikiran jadi kemana-mana. Keuntungan lain dari datang lebih awal selain menghilangkan rasa takut sebelum cabut gigi juga dapat mengurasi durasi antrian jika tidak ada pasien banyak sehingga giliran anda dicabut semakin cepat.

3.Lakukan Hobi Saat Menunggu Antrian
Lakukan hobi saat menunggu antrian, saya sarankan hobi yang ringan dan dapat dilakukan di ruang tunggu ya. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau bermain game. Jangan bilang hobi anda menyayi dan anda akan membuat pasien lain tergangu bahkan pingsang ya haha... #Justkidding

4.Gunakan Pakian Yang Nyaman
Gunakan pakaian yang nyaman maksudnya saat anda berbaring di kursi operasi anda harus merasa nyaman terlebih lagi waktu yang dibutuhkan untuk cabut gigi kurang lebih 1 jam. Pengalaman saya menggunakan celana yang longgar malah bisa sampai kedodoran sehingga saya memakai sabuk untuk menguatkan. Karena terlalu kencang saya kaitkan membuat saya tertekan.

5.Buat Bahan Lelucon
Jadi waktu pertam saya cabut gigi geraham bungsu, dokter mengatakan prosedur opersi yang saya rasa mengerikan haha... Gusi anda harus di beda kemudia gigi geraham bungsu di potong jadi empat lalu akarnya dicabut dan terkahir dijahit. Wah wah... Geleng geleng kepala saya tetapi akhirnya saya membuat lelucon didalam hati saya haha saya tidak bisa mengungkapkan di dokternya langsung haha... “wah jadi dokter itu suamiable ya, seharusnya saya dulu mecobanya haha, bisa jahit, guntin, memotong, beri bumbu tinggal di masak” abaikan ini lelucon garing bahkan gosong seperti waktu anda mencoba menggoreng gorengan.

6.Alihkan Perhatian
Saat operasi cabut gigi berlangsung anda harus tetap sadar dan mata terbuka melihat masa depan yang cerah seperti lampu kuning di hadapan anda jika anda pernah makan di angkringan mungkin lampunya sama-sama kuning abaikan. Biasanya saya berfikir setelah cabut gigi saya bisa pergi ke mana-mana untuk meliput kejadian seru ya membayangkan jadi reporter karena gigi saya sudah sehat setelah itu. Jadi alihkan perhatian anda dengan rencana masa depan boleh jangka pendek maupun jangka panjang seperti menikah *eh. Tetapi selama mengalihkan perhatian anda harus tetap merespon perkataan dokter. Setiap intruksi harus di dengarkan misal jika pusing atau mata berkunang lambaikan tangan ya kekamera.

7.Hindari Melihat Peralatan Dokter
Menghindari melihat perlatan dokter membantu saya menghilangakan rasa takut cabut gigi. Tetapi kalau kamu penasaran setelah cabut gigi saja dan bisa membuat lelucon agar kamu selalu rileks. Wah dok itu tadi jarumnya sepeti jarum rajut ibu saya bisa ngerajut ya dok ? Kok tahu ? Soalnya dokter menjahit gusi saya halah.... Haha.. Anda seorang yang takut darah ? Melihat warna merah saja ingin menyeruduk ? Jadi menghindari melihat perlatan yang digunakn juga salah satu upaya agar anda tidak melihat darah.

Baik semoga 7 cara menghiangkan rasa takut sebelum cabut gigi bisa membantu anda jika akan mencabut gigi dan merasa takut ya. Sakit itu ada, tetapi kadar rasa sakit bisa anda kurangi dengan mengalihkan perhatian.

Anda juga bisa membaca artikel yang berkaitan dengan cara mengatasi rasa takut sebelum cabut cabut gigi sebagi berikut :

1. Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu (Operasi Ondotectomy)
2. Pengalaman Scaling di Puskemas Murah
3. Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) di RSGM

Share this:

CONVERSATION

34 komentar:

  1. gatakut tuh cabut gigi wkwkw

    BalasHapus
  2. kalo cara mengatasi rasa takut kehilangan dia, gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha harus cari dia yang banyak jadi kalo dia hilang dia dua masih ada #eh

      Hapus
  3. Waktu ane sd dulu nih paling takut sama dokter gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu kecil peralatan dokter paling nyeremin jarum suntik haha

      Hapus
  4. Gigi ane udah pada bolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh harus cepat di tambal bang biar nggak makin sakit

      Hapus
  5. Oh ternyata begitu yagan ,dulu saya pernah ngalami takut di cabut gigi hehehhe trimakasih gan infonya

    BalasHapus
  6. Klo aku sih gak takut gan.. Cuma risih klo nahan nyeri nya..... 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha nyeri nya di gigit macan gan

      Hapus
  7. Seperti itu ya gan caranya ngilanginnya. Tapi takut gak takut harus tetap dicabut gan. Daripada tersiksa karena nahan sakit gigi. Haha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu pasti gan. Biar sehat.

      Hapus
  8. Kalau ane nggak takut gan tapi ngilu

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ngilu setitik kecil dari rasa takut gak haha

      Hapus
  9. kalau ane sih gak takut kalau cabut gigi, malah d cabilut sndri haha

    BalasHapus
  10. Oke akan ane praktekkan gan cara nya. Makasih

    BalasHapus
  11. Mantap artikelnya, walaupun saya juga masih rada takut kalau berurusan dengan dokter gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cari dokter yang nggak nyeremin bnag rafi

      Hapus
  12. Wkwk aku banget nih kalau cabut gigi gak lihat dokter ama alat alatnya

    BalasHapus
  13. wah oh begi tuh nanti saya coba buat gigi ade saya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya untuk adek-adek unyuk dokter gigi anak punya cara yang macap kakak rifqi

      Hapus
  14. Dulu waktu kecil kalau sakit gigi disuruh makan garam sama ibu.. Hehehe

    BalasHapus
  15. ane pernah tuh cabut gigi rasanya behh sakit banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh itu dimana gan, semoga nggak trauma yak

      Hapus