Kata Baku Prancis atau Perancis ?

Kata Baku Prancis atau Perancis ?



Monyoku.com - Kata baku Prancis atau Perancis ? sering terjadi salah penulis terhadap salah satu nama negara dengan bahasa yang romantis. Saat awal masuk bangku perkuliahan tahun 2013 teman-teman saya masih memperdebatkan penulisan Prancis atau Perancis dengan tanpa refrensi yang jelas mereka saling melontarkan argumen masing-masing hingga salah satu dari mereka berinisiatif mencari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Lihat capture dibawah,

kbbi-monyoku
gambar 1.1

kbbi-monyoku-2
gambar 1.2
Dari gambar 1.1 dan 1.2 belum memberikan jawaban sebenarnya kata baku untuk negara yang memiliki roti croissant itu Prancis atau Perancis ? Namun, kegelisahan yang masih ada di masing-masing teman saya itu terpotong oleh jam masuk perkuliahan. Bagi saya ini kesempatan emas untuk mencari muka maksud saya nilai tambahan karena aktif di kelas dengan bertanya. 
"Madame, boleh saya bertanya sebelum memulai perkuliahan ?" sambil mengangkat tangan kanan.
Dengan melihat muka yang sumringah terpancar dari ibu dosen ini, padahal ini awal perkuliahan dan kami mahasiswa baru belum mengenal sosok dosen di hadapan kami sekarang. Jam sudah menunjukan pukul 13.20 WIB seharunya perkulihan dimulai tetapi di ruang kelas masih kurang 5 orang belum menempati bangku yang sudah dilengkapi meja.
"Bon, sebelum memulai perkuliahan kita berkenalan dulu agar lebih enak saya mengajar dan anda mudah menerima apa yang telah saya sampaikan. Tapi sebelumnya saya sangat mengapresiasi anda semua, ternyata sangat antusias mengikuti perkuliahan dan sudah ada pertanyaan. Bagus itu, semoga bisa di pertahankan terus sampai semester selanjutnya." menjawab dengan jelas.
Jadi apa yang di jelaskan dosen adalah Prancis merupakan ejaan baru atau bisa dikatakan Perancis merupakan ejaan lama. Sehingga seperti Inggris merupakan ejaan baru dan sebelumnya memang ditulis Inggeris namun mengalami perubahan menjadi sekarang ini ditulis Inggris. Begitu juga dengan Prancis, namun saya pernah membaca di wikipedia pernah terjadi voting penggunakan Prancis atau Perancis yang didapat suara terbanyak adalah Perancis alasanya adalah sudah lebih sering digunakan oleh banyak orang bahkan website dari duta besar Prancis di Indonesia menggunakan Prancis. Terlepas dari itu, di kampus saya juga masih terjadi roaming penulisan ini.
Saya sendiri lebih menggunakan Prancis karena anjuran dosen saya yang mengatakan Perancis adalah ejaan lama maka kita harus menggunakan ejaan barunya yaitu Prancis.
Share:

34 komentar:

  1. WKwks Emang negara Perancis ribet ya namanya :D untung indonesia hanya ada 1 kata :) jadi gampang untuk di ingat ^_^ Nice info lah mass :)

    BalasHapus
  2. Rada bingung juga ya belajar bahasa perancis...mantap infonya sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya begitulah proses belajar ada bingungnya gitu..

      Hapus
  3. prancis atau perancis. tapi yang betul itu france hehehehhe

    BalasHapus
  4. aneh yah gan lidah indonesia bicara bahasa perancis btw thanks infonya gan bisa untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, mau pakai kantog platis :v

      Hapus
  5. Wah info bagus nih, ternyata agak ribet juga ya nguca kata prancis hehe...

    BalasHapus
  6. sebenernya sih gimana lidahnya ajah :D saya pribadi lebih suka bilangnya perancis

    BalasHapus
  7. mantap infonya sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga selalu di kunjungi ya :v

      Hapus
  8. Ane juga sempat bingung min ternyata cuman faktor ejaan lama doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang publikasi untuk bahasa2 yang di perbarui

      Hapus
  9. wahh cuma faktor ejaan doang yah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kecewa ya ? maafkan monyo ya..

      Hapus
  10. ubi kayu wkwkwkw baru tau gan, tambah ilmu baru :D

    BalasHapus
  11. Kalau saya sih biasanya Prancis kalau perancis jadi ejaanya kaya aneh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh vanget nggak vrooh kwawkawka

      Hapus
  12. q juga bingung soalnya sering nyebutinnya prancis kalo perancis kayaknya agak susah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang terbiasa nih sofyan terbiasa sendiri lol haha :v

      Hapus
  13. Thanks infonya :D
    btw, sulit amat bahasa nya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih pake segala ada bahasa prancis coba nggak ada saya kuliah dimana coba :v

      Hapus
  14. Balasan
    1. jangan bingung nanati cepet tua

      Hapus
  15. Untung bahasa internasional gak perancis yak,, mungkin akan lebih susah belajarnya.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eisssst bahasa prancis masuk bahasa internasional loh,

      Hapus