Pengalaman Scaling Gigi di Puskesmas Murah


Pengalaman Scaling gigi di Puskesmas murah saya alami pada bulan juni 2016 di salah satu puskesmas di Yogyakarta alamat tepatnya Jl. Pringgokusuman No.30, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Buka setiap hari pukul 07.30 WIB Kecuali hari minggu pukul 08.00 WIB. Letaknya yang dekat dengan tempat tinggal saya menjadi pilihan utama karena dengan berjalan 15 menit sampai. Ah oui, lanjutkan kisah ini.
Saya sebenarnya pernah ke puskesmas namun untuk ke poli gigi sama sekali jarang sekali saat cabut gigi terakhir ingat waktu sekolah menengah pertama kini saya sudah berkuliah kalau dihitung sangat lama. Inilah fakta masyarakat di Indonesia masih jarang ke dokter gigi. Kalau kata salah satu iklan di tv minimal 6 bulan sekali kita harusnya periksa gigi walapun tidak sakit. Singkat cerita setelah sampai di puskemas saya masuk dan tanya salah satu petugas kalau mau periksa gigi gimana ya prosedurnya karena di puskesmas ini memiliki 2 antrian kartu poli gigi dan satunya poli umu kalau nggak salah ya. Ada 2 orang mbak-mbak yang sedang PKL kemudian saya tanda mereka karena saya tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari petugas sebelumnya. Salah satu mbak berbaju serba putih dengan jilbab yang memiliki 1garis biru berciri khas mahasiswa keperawatan mengatakan "Ambil antrian warna putih ya mas. kalau mau periksa gigi". "Oiya, terima kasih" jawabku.

 Segera saya mengambil antrian, dengan sedigit gugup nomor antrian yang saya dapatkan nomor 3 haha hati ku tersenyum manis. Iya begitulah, periksa gigi akan lebih sepi antriannya dibanding poli yang lain. "Nomor 3" Terdengar suara dari ujung loket pendaftaran, bergegas saya memberikan ktp yang jelas-jelas bukan ktp asal Yogyakarta. Sudah rahasia umum, jika kita berobat di puskemas yang bukan ktp asal kita akan dikenakan biaya administrasi. 
Saya membayar Rp20.000,- Setelah membayar saya menuju kursi depan ruang poli gigi karena saya yakin saya langsung di panggil setelah berkas diterima dokter. Cukup menunggu 10 menit saya melihat dokter membawa berkas dan masuk ke ruangan poli gigi namun saya tidak langsung dipanggil saya menunggu sekitar 5 menit dan deg deg pertama kali saya mencoba scalling jantung ini naik turun takut kalau alatnya seperti bor pemecah batu "DEEER" mbak-mbak petugas memecah lamunan ku."Mas silahkan duduk, sepatunya bisa di lepas dulu" Katanya sambil mempersiapkan kursi operasi haha, Saya langsung melepas sepatu dan meletakan tas punggung yang hanya berisi 1 novel buku. "Mbak saya mau scalling" pungkasku yang tertunda karena meletakan tas, "Saya periksa dulu ya, kalau scalling nanti ada biaya tambahan" Diperiksalah menggunakan senter dan alat pembuka mulu haha, Mbak nya mengatakan biaya tambahanya Rp80.000,- Saya langsung menuju loket untuk membayar tagihanya terlebih dahulu. Setelah itu operasi di mulai yang melayani waktu itu dokternya bukan mbak-mbak yang memeriksa karang giginya berapa banyak ? ratusan... ?.

Tanpa basa-basi dokter meminta aku rileks tidur di kursi operasi "ngiing...." mesin bor mulai berbunyi tanda scalling akan berlangsung. Sekitar 20 menit bisa kurang bisa lebih karena saya lupa untuk menghitungnya saat itu ditengah perjalanan operasi saya bertanya "dok masih lama ya ?" rasanya mau pingsang ahaha" dokter menimpali "iya kamu belum pernah scaliing seumur hidupkan" Hehe saya senyum dengan mulut harus tetap terbuka, susah nggak cuma itu tapi pengal haha. Hasilnya bersih tapi dokternya bilang "gigi kamu besar-besar tetapi rahangnya kecil jadi agak susah untuk membersikannya harus telaten sesudah makan dan sebelum tidur harus rajin sikat gigi yang penting rutin dan sikatnya dengan benar" pesannya. Dokternya bertanya lagi mungkin tahu kalau aku pucat haha "sma dimana ?". "eh saya sudah kuliah dok" percakapan kecil untuk membuat rileks mungkin ya haha "iya saya kuliah di fakultas bahasa dan seni, dok" "owh bahasa jawa ya". ternyata dokter juga manusia bisa menebak dengan salah eh...
Setelah keluar dari ruang gigi saya di kasih resep kemudian mengambilnya, menunggu sekitar 10 menit dan mendapatkan 1 botol obat kumur serta 3 tablet vitamin c dosis tinggi.
Saran para monyoku yang ingin mencoba scalling jangan berpikir berulang kali langsung saja tentukan tanggalnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan ? Saya berencana scalling lagi tetapi ingin sekalian konsultasi masalah gigi grahang yang cukup sulit untuk saya bersihkan sehingga menyisakan karang gigi lagi. Jadi ketagihan kalau kamu lihat hasilnya. Selamat menjaga kesehatan !!!
Share:

67 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih Shazam Ishar, semoga semakin banyak orang yang peduli untuk memerikasakan gigi ke dokter

      Hapus
  2. Wah baru tau saya , dapet ilmu tambahan nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa gigi Zidan Atha biar bisa senyum pesidin eh,

      Hapus
  3. wahhh..bagus sekali pengalamannya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Cahyo Prasetyo bagus juga nggak cukup semoga di aplikasikan bersama hehe

      Hapus
  4. Penting nih, buat kalo mau scalling, jadi biar gak kaget nanti pas udah ke puskesmasnya :D hehe

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Ternyata saya bakat juga jadi pelawak :3 terimakasih Haris

      Hapus
  6. Mau tanya gan, scalling itu apa ya gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scalling itu istilah untuk membersihkan karang gigi mas Teuku :)

      Hapus
  7. wihh dokter gigi ?
    aku takut ke dokter gigi mending cabut ndiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha Mas dennes nanti menyesal loh, kalau sekarang inget dulu cabut sendiri ngeri mas jedotin di pintu haha

      Hapus
  8. sama kayak atas ane gan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ini mimin Koding mas Kendy ya haha

      Hapus
  9. wah..baru tahu ane gan kalo di puskesmas murah gitu,biasanya ke dokter spesialis langsung dan tarifnya nyiksa batin,thanks gan infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pasti ada slisihnya mas, soalnya di puskesmas dapat subsidi. Makasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  10. yang penting semangatnya gan kalau kita punya penyakit harus segara berobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha lebih penting mencegah dari pada mengobati mas Trio, bener banget itu gan :)

      Hapus
  11. scalling itu apa ya mas ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membersihkan karang gigi mas Ilham :)

      Hapus
  12. infonya bermanfaat nambah pengetahuan, good story

    BalasHapus
  13. penting untuk di baca nih hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di praktekan juga ya mas Jaka hahah :D

      Hapus
  14. gigiku sedikit ada karang, hmm harus di bersihin nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera mas Alifian, murah kok di puskesmas ada subsidinya

      Hapus
  15. sayang gk ada obat buat nempelin lagi gigi yang patah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ngeri sangat mas gigi patah, mungkin ke klinkik tong tong ada hehe :D

      Hapus
  16. Balasan
    1. Terima kasih mas Akib, sering berkunjung ya ada Story of Song yang buat malam minggu jadi seru #loh haha

      Hapus
  17. Bagus sekali agan rajin menjaga kesehatan dan rutin ke dokter, memang ya kesehatan itu penting sekali, saya sendiri masih malas kalau harus berhadapan dengan dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Azi cari dokter yang cantik biar nggak malas #eh haha

      Hapus
  18. Asli orang jogja mas,?Saya jg orang Jogja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe malioboro saya mas Andrian

      Hapus
  19. Karang gigi itu pertanda kalau ekosistem masih baik :v blom tercemar Limbah Pepsodent :D

    BalasHapus
  20. Wah thanks ya sharing nya, akhirnya saya beraniin ke puskesmas. bedanya saya ke poli THT, total cuma bayar 35000 aja.
    cerita lengkapnya disini:
    PengalamanKePuskesmas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama bang tjoey, wah lebih murah yah..

      Hapus
  21. ternyata scalling gigi di puskesmas murah yah, btw ini kunjungan balik saya gan thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya murah, banyak di subsidi oleh pemerintah :D

      Hapus
  22. Besok ak ada jadwall scalling.
    Scalling ke 3 yang pernah kujalani.
    Hahhaha degdegan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih degdegan ya ? haha memang bisa buat spot jantung huhu

      Hapus
  23. thanks gan pengalaman scaling giginya, jadi tambah ilmu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap agan, jangan nge game muluk yak :V

      Hapus
  24. Pengalaman lho menarik banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh pernah belum gan ? :V bahasa kekinian

      Hapus
  25. Pas sesuai dengan masalah saya soal gigi... Thanks gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak, banyak yang belum sadar akan gigi, tapi yang saya heran rumah sakit atau puskemas ya penuh haha

      Hapus
  26. Balasan
    1. Jangan di bayakan gan, bisa menyebabkan susah tidur, jalani saja akan indah pada waktunya :V

      Hapus
  27. Hhhe.. bagus jg pengalamanya. Ane jg mw scalling lah. Nyoba2 hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena suka masakan pasti suka makan kalau rajin 6 bulan sekali scaliing bun

      Hapus
  28. pengalaman yang berharga. pasti agan setelah scalling merasakan ngilu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm tidak, tidak salah lagi

      Hapus
  29. Wahh makasih mas udah sharing pengalamannya :D ternyata di puskesmas gak mahal2 amat ya hehe :D

    BalasHapus
  30. aduh-aduh besok ane juga scaling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan besok besok sekarang jugaaaaa :3

      Hapus
  31. Biaya di semua puskesmas di indo buat scalling apakah sama?

    BalasHapus