Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM

Pengalaman pasang behel atau kawat gigi akan saya bahas di artikel ini, tetapi sebelumnya monyoku akan bercerita alkisah ada monster yang memiliki gigi yang besar-besar namun dengan rahang yang kecil membuat pertumbuhan gigi tidak teratur. Itu dapat mempengaruhi kesehatan, bukan masalah kenyamanan saja tetapi kesehatan juga sangat penting untuk masalah ini. Berbekal mencari pengalaman yang pernah memasang behel atau kawat gigi saya mengambil refrensi dari blogger @isnainikurni. Terimakasih sudah berbagi pengalamanya sehingga membuat saya juga ingin merapikan gigi saya di residen.

Selasa, 10 Januari 2017
Semalam saya sudah janjian dengan teman saya untuk pergi ke RSGM karena ini pertama kalinya sehingga saya minta ditemani. Teman saya sudah sering ke RSGM untuk mengantar ibunya tetapi dia menyarankan saya datang lebih awal ke RSGM karena akan ada pendaftaran pasien baru yang berbeda agar tidak terlalu panjang antriannya dia menyarankan datang lebih awal.

Pada pukul 07.31 WIB (kurang lebih ya saya tidak mencatat pastinya) saya tiba di RSGM dan mengikuti petunjuk yang sudah ada. Ada dua petunjuk jadi tidak akan kesasar, kalau beruntung ada mbak-mbak atau mas-mas koas tanya saja mungkin kamu bisa sekalian modus eh*.
Layaknya agen pengintai 007, saya langsung duduk di belakang tembok di ruang tunggu antrian pendaftaran. Saya mengamati keadaan sekitar untuk mengetahui bagaimana dan dimana mengambil antrian haha... Jadi pendaftaran pasien ada dua pertama pasien baru dan kedua pasien lama. Untuk pasien baru sedikit lebih panjang alurnya. 

Foto diatas terlihat ada mbak-mbak berkerudung biru, terlihat ? nah disitu tempat untuk mengambil formulir pendaftaran paisen baru dan pasien lama tapi sebelumnya ambil nomor antrian yang ada di sebelah kanan.
Kertas warna putih adalah formulir pendaftaran pasien baru, untuk warna biru kartu pasien, warna merah nomor antrian. Setelah semuanya terisi duduk lagi di depan tv led yang tersedia di ruang tunggu antrian pendaftaran ya. Tiba-tiba sudah dipanggil satu persatu, Karena nomor antrian saya no. 4 cepat dipanggil di situ saya ditanya mau ngapain ? pasang behel (kawat gigi) mau dengan residen atau dokter spesialis  ? saya jawab residen. Sudah ada janji sebelumnya ? belum ada mbak, Biaya pendaftaran Rp10.000 ya. Baik silahkan tunggu di panggil lagi ya.

Tiba giliran saya dipanggil di Ruang 1. Saya ditanya banyak pertanyaan, saya jawab seadanya. Mas mau pasang kawat gigi ? iya dok. Saya periksa giginya dulu buka mulutnya. Disorot senter gigi saya seperti mencari sesuatu dan DOR! dokternya bilang gigi saya ada yang belum tumbuh kemungkinan giginya tumbuh miring jadi harus di operasi. Terkadang bahasa dokter membuat saya gagal paham, "Tindakan dokter mencabut gigi saja sudah bisa dikatakan operasi" kata teman saya melalui pesan Whatsapp. Bayangan saya waktu di tanya-tanya waktu itu operasi yang besar memerlukan banyak peralatan yang mengerikan eh*. Hari ini belum ada tindakan yang dilakukan oleh dokter kepada gigi-gigi saya. Karena saya mahasiswa tingkat akhir yang akan segera lulus, Amin! Saya ditanya juga masih berapa lama di jogja karena perawatan dibutuhkan waktu 2 sampai 2,5 tahun. Saya jawab masih 2 tahun di jogja sebenernya masih ada rencana melanjutkan kuliah. Mungkin masih sekitar 3 sampai 4 tahun lagi. Setelah itu saya diminta menunggu di panggil lagi.

Akhirnya saya kembali lagi di ruang tunggu pasien, tempatnya nyaman bisa nonton spongebob dan disediakan air mineral dalam galon. Sofanya juga nyaman mempuk-empuk anget kalo lama-lama buat duduk haha.... eits... ini cerita pengalaman pasang behel atau sedang review ruangan ya ? .Balik lagi ke cerita saya masuk ruangan yang disekat-sekat dan diminta duduk oleh dokter cantik yang sedang jaga tetapi dokter ini bukan berarti yang merawat saya ya. Setelah itu saya diberikan penjelasan terkait perkawatan. Sama dengan dokter sebelumnya pertanyaan diajukan kepada saya yang berbeda dokter ini menjelaskan permasalahan yang dihadapi dokter residen contohnya ada beberapa calon pasien yang tidak bekerja sama dengan dokter residen sehingga memperlama atau menghambat proses pemasangan behel. Misal, ada calon pasien yang sudah dijelaskan bahwa akan banyak kemungkinan yang dilakukan dengan gigi-gigi pasien (pencabutan / pembedahan) jadi ada pasien yang tidak jadi pasang karena tidak mau di cabut giginya ya hal-hal semacam itu yang membuat proses pemasangan menjadi lama. Satu lagi dokter menjelaskan terkait jenis behel ada dua variasi harga 3 juta dan 4 juta. Tidak dijelaskan begitu lengkap tentang behel tersebut dan saya pun tidak bertanya. Sembari tanya jawab dengan dokter saya mengisi sebuah daftar tunggu ada nama, alamat, nomor handphone. Setelah itu dokter memberikan rujukan kepada saya untuk melakukan rontgent gigi ke Laboratorium Klinik PRAMITA. Oia saya dapat diskon loh karena pasien rujukan dari RSGM jadi sedikit hemat nih.. Terimakasih ya dok.

Saya langsung menuju klinik PRAMITA untuk melakukan pemeriksaan Panoramic dan Cephalomerty Lat. Kurang lebih 30 menit saya selesai pemeriksaan dan menunggu hingga hasil rontgent jadi pukul 10.00 WIB sudah selesai. Dokter cantik sebelumnya mengatakan kalau hasil rontgent bisa dititipkan ke RSGM atau dibawa pasien dan saat ada panggilan oleh dokter residen dibawa. Nah, karena jarak rumah ke RSGM tidak cukup jauh maka saya bawa pulang dan melihat-lihat dirumah hasilnya canggih juga ya bisa kelihatan gigi yang tenggelam di gusi jadi di hitung-hitung gigi yang saya miliki waktu di rontgent ada 32 gigi haha... ,Eh sampai lupa tadi itu hasil rontgent yang ditinggal untuk kasus yang rumahnya jauh dari Yogyakarta kata dokternya. Oke cerita Chapter I selesai tinggal menunggu kabar dari dokter yang akan merawat gigi saya dari awal hingga sehat ke bentuk yang sehat eh haha. Saya berikan rincian biaya pengeluaran pada kisah pertama. Sebagai berikut:

1. Pendaftaran Pasien Baru RSGM = Rp.10,000
2. Pemeriksaan (rontgent gigi) Panoramic dan Cephalometry Lat = Rp.506,000 Diskon Rp.101,200 Jadi saya membayar Rp.404,500 (pembulatan)

TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER I = Rp.414,500

Biaya yang saya tuliskan bisa saja berubah sewaktu-waktu seperti harga cabai yang kadang naik kadang naik banget jadi bisa di kira-kira ya.

Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM Chapter II

Pada hari senin, 6 Maret 2017.
"Tet totet teretet tete teot tot, Tet totet teretet tete teot tot" bunyi pesan singkat dari handphone saya. Klik saya baca eh ternyata dari dokter residen ortho yang akan menangani saya. Begini kurang lebih isi pesannya. Mau tahu  isinya?
Selamat sore, monyoku. saya drg kaneki bukan nama sebenarnya residen ortodonti dari fkg ugm menginformasikan mas monyo akan perawatan orto oleh saya. Kira-kira ada waktu kapan untuk saya cek kondisi giginya ? dan sekalian dijelaskan prosedur perawatanya. Terimakasih.
 Nah, akhirnya saya membalas kapan saya bisa ke RSGM untuk dilakukan pengecekan gigi saya yang amburadul ini.

Selasa, 7 Maret 2017
Saya sudah sampai di RSGM kurang dari waktu janjian dengan dokter. Usahakan tepat waktu ya karena waktu itu sangat berharga bagi dokter dan kita sendiri kalau kita karet kasihan dokternya yang harus menunggu. Dan jangan lupa bawa kartu pasien warna biru serta hasil rontgent kalau belum dititipkan. Langkah berikutnya beritahu dokter kalau sudah di lokasi dan mendaftar pasien lama. Akhirnya saya bertemu dengan drg kaneki juga. Saya di ajak ke lantai 3 untuk di lakukan pengecekan gigi. Dan dilakukan cetak gigi menggunakan bahan seperti permen karet berwarna merah mudah. Mulut penuh sesak dengan adonan tersebut. Saya dijelaskan beberapa hal yang tidak didapatkan dengan dokter cantik di chapter i. Sebelum dilakukan perawatan orto saya harus scaling nah udah tahu belum apa itu scaling ? scaling adalah istilah untuk membersikan karang gigi atau caries. Kalau mau murah bisa baca artikel Pengalaman Scaling di Puskesmas. Dokter menawarkan scaling (membersihkan karang gigi) di klinik Anteiku bukan nama klinik sebenarnya.
Setelah dilakukan pemeriksaan dan cetak gigi langkah selanjutnya menunggu dokter residen untuk konsultasi dengan dosen. Tahap ini kita menunggu lagi ya, tetap sabar nanti dikabari lagi oleh dokternya.

Senin, 13 Maret 2017
Sebelumnya saya sudah janjian dengan dokter untuk scaling gigi di klinik Anteiku. Akhirnya saya sampai dan tempatnya nyaman ada tv cabel bisa nonton one peace loh hahaha... Dokter melakukan perawatan scaling RA+RB di kwitansi tulisnya begitu perkiraan saya rahang atas rahang bawah haha ilmu kira-kira mulai muncul.

Selasa, 30 Maret 2017
Dapat uang baru pecahan Rp.50,000 dari kembalian untuk pelayanan melakukan shift skecth di RSGM nah, apa itu shift skecth jadi yang saya rasakan seperti rontgent gigi hanya saja cakupanya kecil hanya untuk satu gigi. Hal ini dilakukan karena dokter ingin mengetahui sepertinya akan menjadi gigi yang menganggu atau tidak untuk kedepannya. Nah, hasilnya tidak dan dokter bilang satu gigi yang terlihat di hasil rontgent dari Lab PRAMITA tidak perlu di cabut. Setelah selesai shift skecth dokter mengobrol sebentar terikait hasil konsultasi dengan dosen. Jadi gigi saya harus di cabut 6 gigi. Wah, matab sekali haha... 2 gigi adalah gigi graham bungsu yang tertanam di gusi dan 4 gigi untuk ruang agar gigi yang terlalu maju bisa mundur. Kebanyakan cerita teman-teman saya memang biasanya cabut 4 karena saya tidak biasa harus cabut 6 gigi.

Dokter membebaskan saya untuk cabut gigi yang mana terlebih dahulu. Saya memilih cabut yang 4 gigi setelah sembuh lukanya bisa di pasang behel dan untuk yang 2 gigi yang harus di beda itu..... bisa setelah berjalan perwawatan sampai saya siap wkwkwk.... Singkat kata saya sudah cabut gigi 4 di klinik Anteiku dan cabut gigi itu tidak sakit kok, cuma setelah itu sedikit nyeri hihihi...
Tunggu sembuh dulu luka yang sudah tergores *eh, Sembari menunggu saya akan berikan rincia biaya pada pengalaman pasang behel chapter ii, sebagai berikut :

1. Pendaftaran Pasien Lama RSGM = Rp.3,000
2. Cetak gigi = Rp.75,000
3. Scaling RA+RB = Rp.175,000
4. Shift skecth = Rp.24,000
5. Cabut gigi = 4 x Rp.150,000 = Rp.600,000

TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER II = Rp.877.000

Biaya yang saya tuliskan bisa saja berubah sewaktu-waktu seperti harga minyak dunia yang kadang naik  dan kadang naik banget jadi bisa di kira-kira ya.

Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM Chapter III

Seminggu sebelum pemasangan dokter mengingatkan untuk membayar dp satu hari sebelum pemasangan yang sudah di tentukan pada Jum'at 28 April 2017. Hal ini dilakukan agar waktu hari h pemasangan behel dokter sudah bisa mengambil bahan-bahan untuk pemasangan.
Kamis, 27 April 2017. Sekitar pukul 09.10 WIB saya sudah tiba di RSGM dan menghubungi dokter kalau saya sudaj sampai. Setibanya di sana saya membayar DP untuk pemasangan behel sebesar Rp.2,000,000. Hari ini cukup membayar dp saja... 

Jumat, 28 April 2017
Sesuai janjian dengan dokter pagi itu saya langsung mendaftar pasien lama serta membayar biaya administrasi pasien lama sebesar berapa ? Yappp.... Rp3,000 uang pas saja biar cepat. Kemudia dokter meminta saya ke kurangan operasi, eh maksud saya ruang praktek saya waktu itu di lantai 3. Nah, setelah duduk tapi tiduran dokter sudah mempersiapkan peralatanya. Hal pertama yang dilakukan dengan gigi-gigi saya yaitu dioleskan seperti pasta dan di sikat lembut nyess gitu... entah saya nggak kepo tanya-tanya ke dokter deg deg an saoalnya haha.... Setelah itu mulai satu persatu bracket di pasang ke gigi, di kasih lim di tempel ke gigi dan di sinar biru pakai alat seperti sikat gigi elektrik haha... ada beberapa waktu gigi saya di semprot cairan yang dingin, kemudian di keringkan dengan angin-angin pompa sepeda ada nama alatnya saya kurang tahu. Dan di pasang kawatnya karena kondisi gigi saya yang parah pertama ya seperti di foto dibawah ya nanti dilihat dan dicermati belak-belok seperti kisah cinta raisa yang akhirnya menemukan pasangannya -_-" apa coba. Abaikan yang baru saja haha...

Setelah pasang behel dokter menyarankan jangan makan yang keras-keras. Kalau mau makan buah atau makan apapun itu usahakan jangan langsung di gigi menggunakan gigi depan. Bisa di potong kecil-kecil. Iya karena untuk mengunyah saja serasa tidak kuat haha..

Akhirnya saya makan sup untuk beberapa hari kira-kira 3 hari saja, setelah itu saya bisa makan nasi. Kadang kalau bosan makan sup bisa makan bubur kalau bubur bosan makan orti atau sereal.

Sore hari,, saya janjian dengan dokter kaneki untuk ke klinik anteiku untuk membeli perlengkapan ortho. Sesampainya di klinik dokter sedang keluar sebenatar. Eh, saya sotoy beli perlengkapan ini itu semua di beli akhirnya pas dokter datang saya cuma beli sikat ortho saja sebenarnya ada dua tapi yang satu sudah bersemedi ditempatnya haha... Berikut penampakan sikatnya.

 Sembari menunggu saya sikat gigi berikut rincia biaya pada pengalaman pasang behel chapter iii, sebagai berikut :

1. Pendaftaran Pasien Lama RSGM = Rp.3,000
2. DP Behel (Alat cetak teknik straight/Edgewise Logam) = Rp.2,000,000
3. Sikat gigi orto = Rp30.000

TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER III = Rp.2.033.000

Biaya yang saya tuliskan bisa saja berubah sewaktu-waktu ^^ tetapi bisa dijadikan bahan kira-kira ya hehe....

Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM Chapter IV

Pada tanggal 15 Mei 2017
Dokter mengingatkan saya untuk kontrol, rencananya tanggal 16 tapi karena sbmptn jadi dibatalkan tanggal 17. Eh tunggu apa hubunganya ya ? haha saya ada sepupu ikut sbmptn akhirnya saya harus menjemputnya.

Rabu, 17 Mei 2017
Seperti biasa saya konfirmasi ke dokter bahwa saya sudah berada di RSGM serta sedang menunggu antrian pendaftaran pasien lama. Setelah itu pindah dari ruang antri di lobby ke ruang tunggu pasien. Singkat cerita kontrol rutin ini untuk mengganti power o atau karet berwarna dan mengatur luang kawatnya. Tidak sakit kok pasang karet dan kawatnya cuma sedikit nyeri *eh. Karet kali ini saya pilih warna hitam. Sebelum di pasang saya diminta sikat gigi terlebih dahulu tentunya di lepas dulu ya kawatnya jadi sikat giginya dibawa ke RSGM. Tidak hanya di RSGM biasakan bawa sikat gigi kemana-mana kalau sewaktu-waktu ada abang baso atau sate kan bisa makan enak.

Sebelumnya saya sudah konfirmasi ke dokter, pembayaran behel (kawat gigi) bisa di cicil loh. Dan minta di buatkan kwitansi pembayarn. Karen masih anak sekolah xD saya bayar nyicil dulu yak. akhirnya saya bayar untuk biaya kontrol pengganti karet dan mengansur behelnya. Setelah itu pulang ngetik ini yang kamu baca. hehe

Rincian biaya pada chapter iv sebagai berikut:

1. Kontrol rutin = Rp.30,000
2. Nyicil behel (kawat gigi) = Rp.1,000,000

TOTAL BIAYA = Rp 1.030.000,-

Ada cerita nih masih berkaitan dengan pemasangan kawat gigi atau behel sebelumnya sudah diceritakan saya harus cabut 6 gigi tapi baru cabut 4 nah yang dua harus dioperasi itu bahasa sedikit ekstrim ya kwkwk ya dilakukan pembedahan dan di cabut giginya. yuk baca lagi jangan ngantuk yak hehe,, nanti salah baca lagi.

CERITA CABUT GIGI / OPERASI GIGI GERAHAM BUNGSU PASCA PASANG BEHEL
Pada jum'at, 26 Mei 2017

Saya menuju klinik dokter dan singkat cerita pukul 20.10 WIB mulai dilakukan pembedahan, pertama-tama dokter mengatakan begigi ingat-ingat HHahaha "Mas, nanti prosedurnya di bius terlebih dahulu setelah itu akan dilakukan pembedaham gusi karena letaknya di dalam gusi ya. Kemudian gigi akan di potong jadi 4 bagian lalu...." Zegh, dokter residen ortho yang menangani saya membungkam mulut dokter yang akan membedah mulut saya. Nah kelanjutan ceritanya bisa baca Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu (Operasi Odontektomi) karena artikel ini akan menjadi panjang seperti kereta kalau saya lanjut disini..

Pengalaman Pasang Behel (Kawat Gigi) Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM Chapter V

Pada bagian ini akan dibagikan foto-foto setiap kontrol ya, semoga bisa terus di perbaharui
Pemasangan Behel >>> Jum'at 28 April 2017
Kontrol Rabu >>> 17 Mei 2017

Foto-foto setelah kontrol pertama, bisa kamu lihat di sini selanjutnya bisa dilihat perkembangan before after menggnakan behel di artikel berjudul Sebelum dan Sesudah Memakai Behel Gigi.



Ada yang mau ditanyakan silahkan, atau berbagi pengalamnya dengan monyu juga bisa. Terimakasih sudah membaca sampai akhir. Semoga bisa menjadi refrensi yang akan pasang behel ya.

Mini tip
Nah, kalau ingin menghemat pengeluaran untuk kasus seperti cabut gigi,
pembersihan karang gigi atau scaliing bisa di konsultasikan dengan dokter residen
Scaling dilakukan di puskemas agar lebih murah. Monyoku kasih cerita nih Pengalaman Scaling di Puskesmas Murah.
Share:

77 komentar:

  1. Wah saya tunggu kelanjutan ceritanya, soalnya saya rencananya mau pasang di Rsgm UGM juga yg deket sama rumah juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas panji coba langsung saja konsultasi ke rsgm nanti kelamaan tunggu saya tulis haha soalnya saya masih waiting list buat pasang

      Hapus
  2. Wah saya tunggu kelanjutan ceritanya, soalnya saya rencananya mau pasang di Rsgm UGM juga yg deket sama rumah juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mas panji coba langsung saja konsultasi ke rsgm nanti kelamaan tunggu saya tulis haha soalnya saya masih waiting list buat pasang

      Hapus
  3. wah mantap nh saya pengen coba ah pake behel
    mungkin lebih tamvan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha behel bukan buat ketampanan gan :x

      Hapus
  4. Balasan
    1. Heheee. Gigi gw gk rata. Dipasang behel bisa rata nggk gan

      Hapus
    2. bisa saja, asal konsultasi dulu ke dokter khusus ortho :)

      Hapus
  5. Mas boleh minta contact apa wA mau nanya nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat facebook bisa mas namanya Monyoku Monyoku, linknya https://www.facebook.com/profile.php?id=100012732213619 nanti kalau mau no saya kirim message facebook

      Hapus
  6. Balasan
    1. haha giginya masih saya pakai :D

      Hapus
  7. Mas, rontgen gigi bayar berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih 400 ribu, bisa jadi ada perubahan biaya untuk sekarang

      Hapus
  8. Wahahaa sama nih lagi nunggu panggilan juga abis rontgen seminggu yg lalu, jd km harus di operasi dulu dong yaa? Emang sih cabut gigi doang tp cabut yg tidak biasaaaah mazzz muehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sudah cabut satu ini. kurang 5 haha

      Hapus
    2. Untuk pembayarannya gimana? Bayar setengah dulu? Ntar tiap bulan periksa,biaya lagi?

      Hapus
    3. Untuk pembayarannya gimana? Bayar setengah dulu? Ntar tiap bulan periksa,biaya lagi?

      Hapus
    4. iya menurut dokter yg jaga waktu pertama ketemu itu di jelasin gitu bisa bayar setangah dulu. tapi saya belum bisa membuktikan masih tahap cabut gigi haha

      Hapus
    5. sudah saya jawab di atas ya mas hehe

      Hapus
  9. Kalau pakai behel apa harus sering cek ke dokter gigi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap harus, tiap bulan harus chek.

      Hapus
  10. gua aja yg udh psang behel gak sombong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nggak buat apa somong cuma buat pasang behel yak hihi

      Hapus
  11. Belum pernah pasang behel gigi. Ngomong2 harga 3 atau 4 juta itu sekalian pasangnya atau mesti duit ekstra buat biaya dokter yg masang gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu harga behel dan pasang tapi kalau tambahan biaya pasti ada cuma bentuknya bukan untuk dokter misal sebelum pasang diminta bersihin karang gigi, cabut gigi, dan penanganan lainnya setiap orang bisa beda-beda kasusnya.

      Hapus
  12. Belum siap pasang Behel gan, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau tidak terlalu menggangu. jangan dipaksakan gan haha

      Hapus
  13. Pasang behel sekarang udh bukan untuk merapihkan gigi aja, tpi udh jdi tren buat anak muda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya saya hanya tahu behel buat rapiin gigi aja si mas, kalau untuk gaya-gayakan pasang behel itu pandangan lain :D

      Hapus
  14. wah kalau untuk biaya untuk kontrolnya berapa yah mba rencana pingin pasang behel juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru cabut gigi 2 ci, kurang 2 lagi nah abis itu baru pasang behel jadi belum tahu pastinya. Kalau sudah pasang saya kabari yak

      Hapus
  15. behel bisa meratakan gigi gingsul kah gan?

    BalasHapus
  16. Ini kelanjutan ceritanya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya belum bisa update mungkin minggu depan setelah beberapa tugas selesai.

      Hapus
    2. mbayar 4jt sidone lay

      Hapus
    3. Gan, sudah ada kelanjutanya nih bisa di baca di http://www.monyoku.com/2017/05/pengalaman-pasang-behel-kawat-gigi-di.html terimakasih sudah menunggu :)

      Hapus
  17. Ada promo Cm smpai 30April 2017psg behel psang 2 gratis 1
    10jt bisa 3 org. Yg masang Dokter Spesialis Orto. Dlu prktel di Osmile sm natasha. Klinikny dijogja ad 4
    Dan dokternya punya target mau dipasng brp bulan..Info lengkap WA sy aja +6285742353760
    (kmaren sy habis pasng disana) ga ribet..cm konsultasi, Trus rongten lngsung psg 1jam kelar

    BalasHapus
  18. Ada Promo psg Behel Sampai 30 April 2017, Pasang 2 grtis 1, 10jt bisa 3org krn klo psang 1 5jt, karena kemaren sy habis psang disana..
    Dokter Spesialis Orto..(Behel) dlu prktekny di Osmile sm Natasha, Skrg pny klinik 4 dijogja. Ga pke ribet. Konsultasi. Rongten. Lngsung Pasang
    Pemasangan 1jm selesai..Dokternya punya target, nanti ditanya pengen psang smpai berapa bulan, klo sy sy sih 1th cukup katanya..Tanya2 Jelasnya WA sy aj : +6285742353760

    BalasHapus
  19. mas kalau biaya cabut gigi sendiri habis berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cabut satu gigi saya dikenai biaya 150 ribu tapi untuk gigi yang tenggelam di belakang gusi graham paling belakang kurang lebih 800ribu cuma belum tak cabut :x

      Hapus
  20. sekarang rasanya gimana ? setelah pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek saiki wes biasa im, ora ono merasa aneh.

      Hapus
  21. Mas monyoku, proses dr cetak gigi ke scalling, cabut gigi kok cepet ya?
    Aku uda DP uda cetak gigi tp belum ada kelanjutan (cabut gigi, scalling) pdhl dr DP smp skg ada sebulanan.*sama2 pasien rsgm ugm kawat gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena saya menunggu sampai bertemu residen baru saya melakukan proses yang diminta residennya. Nah, kalau sudah fix saya baru dp begitu kalau dengan residen yang menangani saya.

      Hapus
  22. Balasan
    1. kalau pas pasang nggak sakit cumat nyut nyut sedikit aja kalo kenak gusi kawat yang ujung heheh, habis pasang lumayan nyeri beberapa hari

      Hapus
  23. Mas semisal ambil yang 3jt. Terus dpnya brpa dan cicilannya berapa?, cicilannya setiap bulan atau gimana, trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sepemahan saya untuk menentukan pemilihan behel itu bersama dokter yang menagani kita dari awal sampai selesai dengan dokter itu-itu saja. Sebelumnya saya juga rencana pasang yang 3 juta tetapi residen yang menangai saya memilih yang 4 juta karena kasus yang saya alamai, kasus berat.

      Untuk dp sama 2 juta kemudia cicilanya kalo kata dokter yang menangi saya terserah. Hanya saja saya ingin mencicil setiap kontrol. Nah, untuk kontrol bisa 3 atau 2 minggu sekali. Begitu... mas taufan.

      Hapus
  24. Mas mau tanya, kalo ambil yang 3jt, terus bayar dpnya brpaa?, sama cicilannya berapa setiap bulannya, itu cicilannya perbulan atau gimana mas. Terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jawab ya mas. Terimakasih sudah membaca artikel ini, di tunggu kabar baiknya mas ^^

      Hapus
  25. koq kawat yang di pasang untuk menyambung bracket bentuknya gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata salah komentar jawabanya di bawah ini yak hehe

      Hapus
  26. iya karena kasusnya sedang menuju berat kawatnya masih seperti itu tetapi selanjutnya kawatnya nggak belok-belok macam lintasan motor gp kok :d

    BalasHapus
  27. mas total biaya semuanya pemasang behel berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya perbaharui artikelnya jadi di setiap chapter ada total pengeluaran..
      TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER I = Rp.414,500
      TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER II = Rp.877.000
      TOTAL BIAYA PASANG BEHEL CHAPTER III = Rp.2.033.000

      baru sampai itu jadi masih belum lunas *eh

      Hapus
  28. Emang gitu ya nunggunya ampe dua bulanan? Lama juga yah... Saya daftar dari april smpe sekarang blm di sms sm dokternya, kirain dokternya salah catet nomer saya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan juga, kadang ada yang cuma satu bulan juga sudah di hubungi. Bisa jadi karena birokrasi harus di proses dulu dari biji kedelai pilihan "eh

      Hapus
  29. Itu dari cabut gigi maret terus pasang behelnya april? Interval waktu maret ke april ompong gitu? Atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ompong sampai di rapatkan behel :D

      Hapus
  30. Kak setelah pasang behel harus kontrol berapa kali sebulan? Terus biaya kontrolnya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang bisa 3 atau 2 minggu sekali tidak perpatok bulan karena melihat hari libur juga. biayanya setiap control 33 ribu. 3 ribu untuk pendaftaran pasien lama dan 30 ribu untuk pengantian karet / power o serta bahan-bahan lainnya :)

      Hapus
  31. Kak kalo buat scealing aja brp yaa harga nya? Sya maba ugm, kira2 dpt diskon gk yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk scaling saya belum pernah mas, tetapi saya kira nggak ada diskon :v ya coba saya tanyakan ya waktu control :D

      Hapus
  32. Kak waktu cabut gigi itu di coas atau sm residennya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya di dokter gigi kak.

      Hapus
  33. Mau tanya jadi total semua biaya pasang behel berapa?

    BalasHapus