5 Cara menghasilkan Uang dari Blog tanpa Google AdSense

Cara menghasilkan uang dari blog tanpa Google Adsense monyo tulis dengan benar tanpa hoax ya. Hehehe... sesuai dengan pengalaman pribadi kalo kata film di tv ini berdasarkan kisah nyata jika ada kesamaan nama, latar, atau cerita yang sama mungkin saja kita jodoh ea...

Baik kita sudahi basa-basinya, Apakah kamu sudah menghasilkan uang dari Google AdSense ? Atau sudah mendapatkan akun Google Adsense tetapi belum pernah PO (payout) ? Kasihan, kasihan, kasihan.. sepertinya kita ditakdirkan bersama. Saya pun belum pernah gajian dari Google Adsense. 

Nah maka dari itu saya akan berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan uang dari tulisan kita di blog, baik simak baik-baik jangan sampai kamu jadi pembuat atau penyebar berita hoax karena uang ya.

Pertama, Menulis review sebuah produk!
Kok bisa ya ? Iya dong bisa. Tapi kamu harus punya koneksi terlebih dahulu. Eh, memangnya produk apa saja yang bisa kasih uang ? Terus cara kita dapat informasinya ? Bayarnya lewat apa ? Tenang akan dibahas satu demi satu.

Jika ada yang belum jelas atau punya unek-unek silahkan dituliskan di kolom komentar ya. Dari pernayataan yang disampaikan kita Blogger harus punya koneksi offline loh... Walapun kita biasanya suka berkomunikasi lewat sosial media saja ? Mulai sekarang carilah komunitas blogger yang bisa ikut meet up ketemu saling berbagi. 

Lalu apa hubunganya dengan menulis review sebuah produk ? Ceritanya saya bergabung dalam komunitas blogger yang ada dalam dunia nyata. Nggak cuma di sosial media loh. Kemudian, komunitas tersebut sering sekali mendapatkan undangan dari mulai restoran, kedai kopi, toko roti bahkan instansi pemerintah juga bisa mengundang blogger dalam acaranya loh!

Dari undangan tersebut kita harus tahu apa kewajiban dan hak kita. Tetapi kalau saya hanya tanya kewajibannya dulu sih. Cari relasi yang banyak dulu ya, ea ea... Biasanya Blogger sekarang sangat erat dengan istilah Buzzer tetapi tidak sebuah blogger jadi buzzer juga. Begitupun sebaliknya, kiriman selanjutnya jika ada yang mau tahu tentang Buzzer akan dibahas.

Sampai mana kita ? baik, setelah gabung komunitas blogger di kota kamu. Berikutnya jika ada udangan blogger yang bisa kamu hadiri mendaftar. Sebelumnya cari tahu kewajibannya apa saja ? misalnya harus menulis review / repotase acara maksimal 4 hari setelah acara (jangan sampai terlambat ya!!), live tweet (ini yang bisa disebut buzzer).

Saya berikan contoh acara yang mendapatkan bala-bala ya! Misal hm... aduh aku ngga bisa kasih yang pasti soalnya ini rahasia.. Hahaha~ okeh! Begini saja, contohnya saya menuliskan sebuah review produk salah satu cake. Nah, kita datang udangan tersebut kemudian menulis review tentang cake dan selesai. Kita bisa mendapatkan uang dari hal tersebut.

Berapa nominalnya ? Ya.. bisa sampai ratusan, nah tetapi untuk mencapai ini, Tidak bisa ijik ijik ya *tiba-tiba* langsung ikut komunitas dan ada undangan terus minta dapat uang!! Tidak bisa, ya kalau beruntung ya! Seperti yang disampaikan diawal kita pertama mencari relasi untuk masalah uang mah sebagai bonus. 

Kedua, Menjawab pertanyaan!
Lah kok aneh ya? Semacam kuis kah ini ? Hehe.. tunggu-tunggu ini masih berkaitan dengan udangan untuk komunitas blogger ya. Nah, saat mendaftar dalam sebuah undangan blogger. Saya sendiri tidak tahu apakah dapat uang atau lainnya ? Karena yang pertama sudah pasti menimba ilmu juga ya, ilmu lebih mahal loh dari uang. Buktinya kamu sekolah sampai jejang apa hayo... ? Berapa biaya yang sudah dikeluarkan ? Hm... ratusan!!

Jadi ada cerita dari suatu sore, Saya menghadiri undangan disitu pasti ada sesi tanya jawab. Nah biasanya sesi tanya jawab akan dapat mercedasie ? Gimana nulisnya ya ? haha apa ya bahasa Indonesianya ? Baiklah anggap saja mendapatkan notebook, kaos, gantungan kunci dan yang lainnya.

Eh, dalam acara ini satu pertanyaan dihargai Rp.100.000,- wah lumayan kan kalau kamu ikut terus bisa menjawab seleuruh pertanyaan. Saya yakin nggak bisa, karena peraturanya yang sudah menjawab tidak boleh menjawab lagi.

Nah, setiap kegiatan atau undangan komunitas yang kamu ikuti jangan lupa untuk bertanya. Tetapi saran saya jangan bertanya hanya untuk mendapatkan hadiah tetapi jika ada pertanyaan juga jawablah dengan benar. Jawab dan buatlah pertanyaan yang berbobot ya!

Ketiga, Menanam Backlink!
Apakah kamu sudah tahu pengertian Backlink ? Sering terdengar dikalangan Blogger, ya menurut Saya ya tulisan yang didalam sebuah artikel dapat diklik kemudian membuka website lainnya. Kalau saya ya cari pengertian di google ya, ini secara singkatnya saja hehe. 

Ayo.. siapa mau tukar backling ? Pernah melihat kiriman di sosial media ya! Padahal ya, backlink berkualitas dapat dihargai mahal loh. Karena hal ini juga pernah saya alami sendiri. Sudah dibilang ini kisah nyata loh, percaya ? Jangan, kalau berat. Biar aku saja. *TET nggak ngambung*

Keempat, Lomba Blog atau Menulis!
Aduh mau dihapus tetapi ini juga terjadi, Saya alami juga. Tidak panjang lebar kalau yang ini ya, ikuti lomba blog yang hadiahnya uang. Pernah menang ? Juara berapa monyo ? Ya... jangan ditanya nggak seru kamu! Stttt.. juara harapan! Haha...

Kelima, Menulis di Instagram!
Semacam micro blogging ya, Nah ini juga tidak terduga-duga. Dan lumayan banget dapat uangnya, berapa memangnya ? Aduh jangan ditanya takut sombong! Haha~ tapi kalau ada yang mau tanya boleh di kolom komentar ya!

Ehem, belum paham nih maksudnya menulis di Instagram dan dapat uang ? Jadi dalam udangan juga dalam sebuah komunitas tetapi ini buka komunitas blogger. Tetapi niatnya bisa cari konten untuk menulis dari acara tersebut.

Nah, disitu tersedia kontes foto Instagram. Nah dalam Instagram tersebut saya tulis cerita gimana perjalanan saya ke acara tersebut dan menang! Yey.. hip hip horai...


Nah itu cerita pengalaman menghasilkan uang dari blog (tulisan). Bagaimana cerita kamu ? Sudah menyerah mendapatkan uang dari blog ? Apalagi mengaharapkan yang tinggi dari Google AdSense. Boleh boleh saja bercita-cita menghasilkan jutaan dari blog tetapi untuk mencapainya mulailah dari hal yang kecil-kecil.

Semua butuh proses untuk tumbuh, terlebih kalau kamu masih belajar. Jadikan blog sebagai hal yang menyenangkan karena bonusnya akan datang sendiri.

Jika ada bertanyaaan silahkan bertanya. Terimakasih!
Share:

7 komentar:

  1. waah...saya pernah ikutan lomba blog untuk mereview beberapa produk, tapi nggak pernah menang sampe platform blog saya bangkrut!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa ikut komunitas terlebih dahulu kak, setelah itu ikut job review. Jadi tanpa lomba-lomba pasti setelah menulis dapat feedbacknya. Selamat mencoba kembali kak!

      Hapus
  2. Kalau agan sendiri nyari uang lewat blog pake cara yang mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini 5 cara saya pernah alami dika.. kamu kudu literasi lagi. Jangan komen judulnya -_-"

      Hapus
  3. Mantab gan, klo ane cari uangnya dr blog competition, lumayan buat nyambung hidup hehe

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah saya sering dapat job content placement yang fee-nya lumayan bisa buat jajanin anak lanang. Kalau ikut lomba jarang menangnya, karena saingannya berat-berat. Hehehe

    BalasHapus