Maison Daruma Tempat Roasting Kopi di Jogja Berteknologi Canggih - Monyoku

Update

Selasa, 26 November 2019

Maison Daruma Tempat Roasting Kopi di Jogja Berteknologi Canggih

Maison Daruma Tempat Roasting Kopi di Jogja Berteknologi Canggih
Boneka Daruma bersama Produk Maison Daruma yaitu Hotarobi, credit images Rezza Riski

“PT. Legends Bumi Jogja, a member of PT. Taka Oozora Semesta, is a developmental coffee company. We are one of Indonesia’s coffee roaster companies providing speciality coffe that signifty a designed premium quality coffee since 2017” dikutip dari booklet Maison Daruma.

Hal ini menjadi perkenalan awal saat mengetahui bahwa Maison Daruma sudah berdiri sejak 2017 untuk menjadi penghasil kopi dengan kwalitas yang premium. Aku yang mengunjungi Maison Daruma beralamat di Jalan Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Memasuki ruang Maison Daruma terbagi menjadi dua ruang, pertama adalah Maison Daruma Cafe dan kedua merupakan dapur Maison Daruma untuk memproses biji kopi. Suasan di dalam cafe sangat sejuk dengan pendingin ruangan. Selain itu, material bangunan yang menggunakan kaca membuat pengunjung dapat melihat ke dalam dapur Maison Daruma maupun aktivitas diluar ruangan.

Maison Daruma sendiri diambil dari bahasa prancis yaitu Maison berarti rumah dan Daruma adalah boneka yang berasal dari Jepang. Daruma dipilih karena setiap boneka jauh maka akan berdiri tega kembali, harapan ini kemudian diambil supaya Maison Daruma selalu bangit dari keterpurukan.

Hal unik dari Maison Daruma adalah cafe yang dibuat sebagai percontohan untuk mencicipi kopi jika ada pembeli yang ingin merasakan produk roasting biji kopi dari Maison Daruma.

Aku berkesempatan untuk masuk dalam ruang berisi mesin-mesin canggih yang digunakan dalam mengolah biji kopi atau sebelum proses roasting disebut juga green beans. Memasuki ruangan box berisi biji kopi dari berbagai daerah tersimpan rapi dengan label nama yang menempel. Ada sekitar 13 jenis biji kopi yang tersedia di Maison Daruma. Bahkan, dua diantaranya berasal dari Kolombia dan Brazil.

“To support global efforts towards specialities coffee in Indonesia and around the world” Kutipan visi dari Maison Daruma begitu berkesan.

Hal itu diwujudkan dengan hadirnya mesin-mesin canggih yang pertama yaitu Destroner Kopi yang bermerk Satake berfungi untuk memisahkan biji kopi dengan beda-benda asing seperti batu, kaca, dan yang lainnya.

Berikutnya setelah green beans memasuki mesin Destroner Kopi maka proses sortir yang digunakan dengan mesin yang sama-sama bermerk Satake. Dua mesin ini sama-sama berasal dari Jepang. Namun, kali ini berfungsi untuk memilih biji kopi yang ukurannya sama. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh green beans dengan kwalitas unggulan berdasarkan ukuran biji. Lalu, green beans yang tidak masuk dalam kategori berkwalitas tidak akan dijual.

Proses yang menasyikan telah dimulai dengan memasukan green beans ke dalam mesin roasting. Untuk satu kali roasting kapasitas green beans yang bisa masuk sekitar 20 kg. Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali proses roasting yaitu sekitar 10 menit. Mesin canggih dengan merk Buhler berasal dari Itali. Mesin roasting di Maison Daruma ini, menjadi salah satu daya tarik coffe shop di Jogja yang membutuhkan biji kopi dengan roasting khas masing-masing.

Mesin roasting dapat diatur sesuai keinginan resep yang diminta. Maksudnya di sini resep biji kopi dengan mengatur tenanan udara dalam mesin dan juga suhu yang digunakan. Proses roasting tidak menimbulkan aroma yang menyengat, hal ini karena kecanggihan dari mesin Buhler. Bahkan jika mesin terjadi kerusakan dalam, maka akan ada informasi yang dimuculakan oleh mesin roasting.

Dengan harga Rp20.000/kg Anda bisa mengolah green beans di Maison Daruma menggunakan mesin yang canggih. Dengan minimal 10 kg untuk melakukan roasting dan gratis menggunakan dua mesin Satake.

Informasi lengkap silakan kirim email kepada legendabumijogja@gmail.com 
Nomor telpon (0274) 5013925 atau menghubungi instagram @maisondaruma.

Setelah puas melihat proses coffe selection, aku mencoba membuat caffe latte. Rasanya sulit sekali melakukan puring, hal ini butuh kesabaran dan bukan seperti menggambar. Sembari menikmati secangkir caffe latte di Maison Daruma, aku melihat dekorasi Maison Daruma Cafe yang dipenuhi dengan boneka Daruma yang menjadi dekorasi. Terlihat disela-sela tembok, terpajang produk dari Maison Daruma yaitu Hotaburi, Komorebi, dan Tasogarde.

Hotarubi adalah kopi yang membuat Anda merasa nyaman dan ditemani makanan snack.
Komorebi adalah kopi yang cocok diminum setelah makan malam.
Tasogarde adalah kopi yang baik diminum dengan makan pagi.

Apapaun pilihannya, silakan coba menikmati secangkir kopi di Maison Daruma.

Jika bingung lokasi Maison Daruma silakan ikuti Google Maps berikut ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar