3 Tools Analisis Instagram Untuk Influencer dan Online Shop - Monyoku

Update

Kamis, 18 Juni 2020

3 Tools Analisis Instagram Untuk Influencer dan Online Shop

3 tools instagram untuk influencer


Sore ini Ibu bilang “kalau mau bisnis ya fokus satu, jangan beli ini itu” ucapnya. Karena aku hanya mendengarkan dari kamar sembari main hp. Aku sadar banyak akun instagram yang aku kelola sehingga akun pribadiku tidak berkembang.


Malam ini, baru saja aku menonton video dari Youtube Vian Flash. Padahal tadinya ada notifikasi aku skip dan melanjutkan bermain insatgram. Entah mengapa aku membuka youtube dan muncul rekomendasi lagi. Aku akhirnya mulai semangat menulis kembali, dan di artikel ini akan aku ulas tools yang dibutukan untuk mengembangkan akun instagram.


1. Socialblade.com

Tools yang satu ini memiliki fitur yang cukup banyak. Untuk menggunakan socialblade.com cukup memasukan nama pengguna insatgram dan harus akun bisnis atau kreator. Setelah mendaftarkan akun yang dimiliki tidak bisa langsung dipakai, harus menunggu selama satu hari berikutnya dan selanjutnya akan terpantau setiap harinya.


Apa saja yang bisa dipantau dari Socialblade.com? Mulai dari engagement rate, avg likes, avg comments dan perkembangan jumlah followers instagram. Mari dibahas satu persatu:

Engagment rate adalah tingkat keterlibatan yang diambil dari jumlah followers, jumlah likes, dan jumlah comments dalam satu akun media social. Hal ini sangat penting bagi influencer untuk mendapatkan endorse, karena biasanya menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan job.


Avg likes adalah rata-rata jumlah suka pada akun instagram, untuk socialblade mengukur rata-rata dari 20 postingan terbaru.


Avg comment adalah rata-rata jumlah komentar pda akun instagram, sama seperti avg likes mengukur rata-rata dari 20 postingan terbaru.


Selain itu, ada fitur yang mempertunjukan meningkatnya jumlah followers atau berkurang dan juga penambahan following atau pengurangan. Hal ini bisa dilihat setiap hari perkembangannya, tapi perlu diingat jadi data yang ditampilan setelah sebuah akun didaftarkan terlebih dahulu di socialblade. Terkadang grafik yang muncul bisa mengindikasi apakah sebuah akun membeli followers, tetapi hal ini tidak bisa membuktikan apapun. Bisa jadi karena suatu konten yang menjadi viral, sehinggal sebuah anggun pada suatu hari followers meninggat secara drastis.



2. Phlanx.com

Serupa dengan socialblade namun fungsinya menghitung engagement rate lebih digunakan untuk bukti jika ingin mendaftar sebuah job. Bahwa engagement rate yang dimiliki sebuah akun sesuai dengan yang diharapkan klien. Istilahnya ideal jumlah followers dengan interaksi yang dimiliki. Bahkan di website phlanx sudah tersedia rata-rata Engagement Rate di Instagram sebagai berikut:


Jumlah Follower dan Rata-rata Engagment Rate di Insatgram

>1M rata-rata engagement rate adalah 1.97%

100K-1M rata-rata engagement rate adalah 2.05%

20K-100K rata-rata engagement rate adalah 2.15%

5K-20K rata-rata engagement rate adalah 2.43%

1K-5K rata-rata engagement rate adalah 5.60%



3. SproutSocial.com

SproutSocial ini keren banget, namanya Sproutsocial. Kenapa keren banget soalnya tools ini bisa schedule post, manage comments, monitor hashtags, dan laporan analisa yang lengkap mulai dari top instagram posts dan grafik peningkatan jumlah followers.


Selain itu, dengan Sproutsocial bisa mengelola akun ganda. Tapi untuk tools yang satu ini harus berbayar, tetapi bisa mencoba versi trial atau mengajukan demo untuk mencoba fitur lengkap dari Sproutsocial.


Bagaimana menurut kamu untuk ketiga tools diatas? Apakah tertarik untuk menggunakannya? Aku sarankan untuk mencobanya satu persatu walaupun fungsinya hampir sama antar tools tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar